Alhijaz IndoWisata Travel Umrah & Haji Khusus: Biaya Paket Umroh Promo 2019 Pesawat Saudia Mulai Rp 22,1 Juta Langsung Jeddah.

081398129556 , 082322286806
081318606231 , 082213229992
~ Izin Haji 116/2015
~ ASITA : 0841/VIII/DPP/2003
~ IATA : HO 15-3 1053 6
~ HIMPUH : 013/HIMPUH 2010
Alhijaz Indowisata Travel Umroh Murah Promo
Biaya Paket Umroh 2019 Alhijaz harga mula1 22,1 Juta. ~ Segera hubungi marketing kami IIN April Yani 0813-9812-9556 - SUGIYO Tahuri 0823-2228-6806 - EKA Sasty 0813-1860-6231 ~ Hari Minggu kantor buka jam 10.00 - 14.00. ~ Pembayaran hanya ke Rekening Bank PT. Alhijaz Indowisata . Terima kasih !!!

Alasan Muslim Harus Berhaji dan Umroh

Alasan Muslim Beribadah Haji dan Umroh

Alasan Muslim Harus Berhaji dan Umroh


Alhijaz - Seperti yang kita tahu, umat Islam di seluruh dunia setiap tahunnya selalu berbondong-bondong dalam melaksanakan ibadah Haji dan Umroh. Selain karena rasa rindu untuk mengunjungi tempat dimana Makam Rasulullah berada, Haji juga menjadi salah satu rukun Islam yang mana wajib untuk diikuti. Umroh pun demikian, hukum Sunnah menjadikannya sebagai salah satu kegiatan yang paling dinanti para muslim. Lalu, adakah alasan lain lagi untuk menunaikan Ibadah Haji dan Umroh? Yuk, kita simak ulasannya.

Alasan Muslim Ibadah Haji


Haji atau Hajj merupakan sebuah ibadah yang mana menjadi rentetan ibadah paling akhir yang ada di rukun Islam. Namun meski ibadah yang mengikat untuk para muslim yang mampu ini ada di urutan ke lima, rupanya Haji juga menjadi salah satu ibadah yang dinanti dan dirindukan banyak orang Islam. Berikut ini ada beberapa alasan mengapa muslim melakukan Iibadah Haji, antara lain :

1. Perintah Allah


Alasan yang paling utama mengapa seorang Muslim itu berhaji adalah karena Haji merupakan perintah Allah SWT. Setiap tahunnya, Haji dihadiri oleh banyak jemaah dari seluruh dunia, tidak hanya dari Indonesia saja. Adapun prosesnya juga sangat lama, yakni sekitar 1 bulan di Makkah. Oleh karena itu, Anda yang saat ini belum bisa berhaji jangan sedih. Kumpulkan materi dan jaga selalu kesehatan Anda agar nanti pada saatnya bisa bertamu ke Rumah Allah di Makkah tersebut.

2. Sudah Mampu Secara Fisik dan Materi


Di tanah air sendiri, proses naik Haji cukup rumit dan lama. Pasalnya selain memiliki daftar tunggu hingga hampir 20 tahun lamanya, para jemaah juga harus menyetorkan sejumlah uang yang tidak sedikit. Itulah mengapa, Allah dengan segala keagungan-Nya sejak dahulu memerintahkan bahwa hanya mereka yang mampu saja yang harus melaksanakan.

Mampu disini maksudnya adalah mampu secara fisik untuk perjalanan jauh dan mampu secara finansial untuk biaya perjalanan ke rumah Sang Maha Kaya ini. jadi meski Haji wajib untuk umat Islam, namun mereka yang wajib menunaikannya adalah mereka yang memang tidak kekurangan secara materi agar tidak memberatkan keluarga yang ditinggalkan di rumah dan mereka yang memang fisiknya kuat.

3. Ziarah Peninggalan-Peninggalan Nabi


Selain alasan wajib, Haji juga dilakukan oleh Umat Islam karena disana kita bisa melihat banyak peninggalan-peninggalan dan bangunan bersejarah yang mana tidak akan bisa kita jumpai di lain tempat. Sebut saja Masjidil Haram, Masjid Nabawi, hingga Maqam Ibrahim yang mana menjadi salah satu lokasi yang wajib dikunjungi selama berada di Makkah Al-Mukaromah dan Madinah.

4. Termasuk Syiar Agama


Melaksanakan ibadah Haji bisa disamakan dengan kita telah melakukan syiar agama. Pasalnya, Haji hanya dilakukan oleh umat Islam dan mereka yang menegakkan tentunya sudah seperti menegaskan diri bahwa mereka muslim yang taat. Untuk itu, melaksanakan ibadah Haji bisa disebut sebagai salah satu cara umat Islam dalam mensyiarkan agamanya.

5. Banyak Pahala dan Kebaikan


Berdasar beberapa firman Allah dalam Al-Qur’an, berhaji tidak hanya membawa kebaikan kepada diri kita, namun juga membawa banyak pahala. Untuk itulah mengapa banyak umat Islam di Indonesia yang sabar menanti untuk melaksanakan ibadah satu ini meski waktu tunggunya 20 tahun lamanya.

Alasan Muslim Ibadah Umroh


Selain berhaji, Muslim di dunia juga banyak yang menunaikan ibadah Umroh. Meski tidak wajib, namun peminat ibadah ini selalu banyak setiap tahunnya. Berikut ada beberapa alasan mengapa orang-orang Islam melaksanakan Umroh, antara lain :

1. Umroh Menghapuskan Dosa


Seperti yang dijelaskan pada H.R. Bukhari pada nomor 1773, juga pada H.R. Muslim pada nomor 1349, Umroh merupakan salah satu ibadah yang dapat menghapus dosa-dosa kita sebelumnya. Itulah mengapa banyak orang yang melaksanakan ibadah umroh setiap tahunnya ke tanah suci.

Di Indonesia, ada banyak penyedia jasa travel Umroh untuk mengakomodasi tingginya kebutuhan masyarakat. Travel ini pun memiliki bermacam-macam kelebihan yang antara satu sama lain berbeda. Selain itu, travel ini juga memiliki durasi Umroh yang variatif. Namun tentunya, berbeda negara berbeda pula tata cara keberangkatannya. Itulah proses berangkat di Indonesia. Unik dan menarik serta mmiliki banyak pengalaman tersendiri.

2. Umroh Sama Dengan Jihad


Selain menghapus dosa, rupanya Umroh yang dilaksanakan dengan hati ikhlas dan tulus merupakan sebuah ibadah yang sama besarnya seperti Jihad. Jika di zaman Rasulullah para sahabat berjihad dengan jalan berperang, maka di zaman sekarang, umat Rasulullah pun bisa berjihad. Hal ini pun sesuai dengan penjelasan dari HR. Ibnu Majah pada nomor 2901. Bahkan, mereka yang meninggal kala melaksanakan Umroh juga bisa disebut mati dengan syahid lho. Luar biasa, ya?

3. Umroh Membuka Rezeki Seseorang


Apabila kita sedang kesulitan rezeki dan ingin rezeki kita mengalir terbuka, maka menurut HR. An Nasai pada nomor 2631, juga HR Tirmidzi pada nomor 810, kita bisa melaksanakan Umroh. Pasalnya, Umroh ternyata menghapuskan kemiskinan pada seorang hamba Allah. Selain itu, Umroh juga membakar dosa-dosa Hamba-Nya bak besi yang larut dalam pembakaran.

Itulah mengapa, kita yang ingin mendapat kemudahan rezeki dapat melaksanakan Umroh agar ridho Allah SWT selalu terlimpahkan pada diri kita. Jadi, bisa dibilang Umroh ini membawa banyak rahmat karena rupanya tidak hanya sebagai penggugur dosa, namun juga sebagai penghapus kemiskinan dan juga pemberi pahala.

4. Umroh Mengabulkan Doa


Terakhir, alasan mengapa orang Islam di seluruh dunia menunaikan Umroh adalah karena Umroh mengabulkan doa-doa. Hal ini berkaitan dengan ada banyaknya tempat-tempat yang disinyalir mustajab untuk memanjatkan permohonan kepada Allah Ta’ala dan diijabah. Adapun tempat itu antara lain Multazam, yakni tempat diantara Hajar Aswad dan pintu Ka’bah. Selain itu, ada juga tempat yang potensial untuk memanjatkan doa, yakni di tempat ketika kita Tawaf dan Sa’i.

Sudah menjadi pengetahuan bagi para umat Islam di dunia bahwa tempat-tempat yang potensial ini harus dikunjungi ketika Anda memohon pada Allah. Ada banyak jamaah yang memanjatkan do’a mereka di tempat-tempat ini. Tentunya, tempat meminta yang utama adalah pada Allah sedangkan tempat-tempat tersebut merupakan sebuah tempat yang hanya menjadi lokasi dimana kita berdoa, itu saja.

Inilah beberapa alasan mengapa umat Muslim di seluruh dunia melaksanakan ibadah Haji dan Umroh. Seperti yang sudah dibahas, rupanya ada beragam alasan yang menaungi kedua ibadah ini dilakukan. Mulai dari wajib karena perintah Allah SWT, jalan menempuh Jihad, syiar agama, hingga berkunjung dan mengenang tempat-tempat berziarah di tanah suci sejak peninggalan zaman nabi. Tidak hanya itu saja, alasan seperti mencari pahala, keberkahan dan ridho Allah, penggugur dosan, juga penutup pintu kemiskinan dan pembuka rezeki menjadi alasan mengapa Haji dan Umroh dilakukan.

Demikian ulasan mengenai beberapa alasan mengapa umat Muslim di seluruh dunia melaksanakan ibadah Haji dan Umroh. Semoga ulasannya bermanfaat untuk Anda dan semakin menambah keimanan kita untuk beribadah Haji dan Umroh nantinya.

Back To Top