Alhijaz IndoWisata Travel Umrah & Haji Khusus: Biaya Paket Umroh Promo 2019 Pesawat Saudia Mulai Rp 22,1 Juta Langsung Jeddah.

081398129556 , 082322286806
081318606231 , 082213229992
~ Izin Haji 116/2015
~ ASITA : 0841/VIII/DPP/2003
~ IATA : HO 15-3 1053 6
~ HIMPUH : 013/HIMPUH 2010
Alhijaz Indowisata Travel Umroh Murah Promo
Biaya Paket Umroh 2019 Alhijaz harga mula1 22,1 Juta. ~ Segera hubungi marketing kami IIN April Yani 0813-9812-9556 - SUGIYO Tahuri 0823-2228-6806 - EKA Sasty 0813-1860-6231 ~ Hari Minggu kantor buka jam 10.00 - 14.00. ~ Pembayaran hanya ke Rekening Bank PT. Alhijaz Indowisata . Terima kasih !!!

Mengenal Macam-Macam Jenis Ibadah Umroh dan Haji

Bermacam-macam Jenis Ibadah Umroh Haji

Mengenal Macam-Macam Jenis Ibadah Umroh dan Haji


Alhijaz - Haji merupakan ibadah wajib bagi kaum muslim yang mana ada dalam rukun Islam. Selain memang diharuskan untuk dilaksanakan, haji juga menjadi idam-idaman banyak umat Islam di seluruh dunia. Lantaran berhaji juga butuh waktu tunggu yang lama, tidak jarang orang-orang Islam mengisinya dengan menunaikan ibadah Umroh. Lalu, adakah jenis-jenis dari ibadah Haji dan Umroh yang perlu kita ketahui? Jika ada, yuk kita simak ulasannya berikut ini.

Mengenal Macam-Macam Ibadah Haji


Rupanya, rukun Islam nomor lima sesudah zakat ini tidak hanya terdiri dari 1 macam, melainkan ada beberapa jenis. Haji boleh dibilang adalah kewajiban dan juga keinginan terbesar umat Islam, jadi memang sudah sewajarnya segala hal tentang ibadah ini harus kita ketahui serta pelajari.

Diambil dari Hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari, rupanya ada manfaat dari Haji yang disabdakan oleh Rasulullah. Dikatakan oleh beliau, behaji rupanya membersihkan dosa manusia menjadi seperti ketika ia baru saja dilahirkan ke dunia. Jadi ketika Anda pulang berhaji, Anda ibaratnya adalah bayi yang baru keluar dari rahim Ibu dimana tidak ada dosa yang Anda tanggung.

Tentunya hal ini senada dengan adanya Hajar Aswad di Mekkah. Dikatakan, batu dari surga ini dulunya berwarna putih dan perlahan-lahan menjadi hitam karena menyerap begitu banyak dosa manusia yang menciumnya. Untuk itulah, Anda yang bisa berhaji harus bersyukur karena pergi ke Mekkah sama halnya dengan Anda membersihkan semua dosa.

Nah, bagi Anda yang berniat berhaji, ada baiknya Anda menyimak informasi tentang macam-macam haji berikut ini, antara lain :

1. Haji Ifrad


Bagi Anda yang belum tahu tentang jenis haji ini, sejatinya Haji Ifrad adalah ibadah haji yang mana rukun haji dan rukun Umrohnya dilaksanakan secara terpisah. Jadi maksudnya, seseorang dikatakan melakukan Haji Ifrad ketika ia melakukan ibadah haji dan Umroh di waktu yang tidak sama namun pelaksanaan keduanya masih dalam satu musim haji.

Adapun untuk tata cara pelaksanaannya, biasanya Haji Ifrad akan mendahulukan ibadah haji baru kemudian melaksanakan ibadah Umroh. Lebih rincinya untuk pelaksanaan Haji Ifrad, Anda ketika baru datang di Mekkah akan langsung melakukan Thowaf Qudum baru kemudian salat dua rakaat di Maqom Ibrahim. Selanjutnya, Anda akan melakukan Sa’i tanpa bertahalul dan berihrom sampai tanggal 10 Dzulhijjah.

Lantaran dilaksanakan secara terpisah, maka tidak ada kewajiban berqurban untuk Anda. Namun ketika ibadah haji sudah dikatakan selesai segala prosesnya, Anda akan langsung berihram untuk melakukan Umroh. Jadi inilah yang dimaksud dilaksanakan secara sendiri-sendiri tapi masih dalam satu musim haji.

2. Haji Qiran


Jenis haji yang kedua adalah Haji Qiran. Berbeda dari Haji Ifrad yang mana antara haji dan Umroh dilakukan terpisah, di Haji Qiran ini Anda akan melakukan haji dan Umroh secara bersamaan. Jadi, mulai dari pelaksanaan tata cara ibadah haji dan Umroh, Anda akan melakukannya bersamaan di bulan-bulan haji dengan niat yakni berhaji dan berUmroh sekaligus.

Tata caranya, Anda akan melakukan niat haji dan Umroh bersama-sama, kemudian berihram tanpa bertahallul hingga 10 Dzulhijjah. Adapun untuk Thowaf, Anda pertama akan berihram untuk Umroh dan juga berihram untuk haji, lalu masuk kota Makkah dengan Thowaf Qudum, serta salat di Maqom Ibrahim sebanyak 2 rakaat. Selepas melakukan semua itu, Anda juga harus melakukan Sa’i untuk Umroh dan haji tanpa tahallul serta di tanggal 10 Dzulhijjah wajib menyembelih qurban.

Tapi jika Anda tidak mampu berqurban, Anda masih bisa menggantinya dengan berpuasa. Cukup lakukan puasa selama 10 hari lamanya dengan rincian 3 hari puasa di waktu haji dan 7 hari puasa setiba di rumah. Waktu haji yang dimaksud adalah sebelum tanggal 9 Dzulhijjah dan juga bisa di hari Tasyriq. Setelah Anda melakukan semua prosesi tersebut, maka sudah bisa dikatakan bahwa Anda telah melaksanakan haji yang di dalamnya sudah ada kegiatan Umrohnya.

3. Haji Tamattu


Jenis-jenis haji yang terakhir ada Haji Tamattu. Di jenis ini, dikatakan Anda akan mengerjakan Umroh lebih dulu dibandingkan mengerjakan rangkaian ibadah haji. Jadi ketika Anda melakukan ibadah haji nantinya, Anda sudah lebih dulu selesai melakukan ibadah Umroh.

Adapun tata cara Haji Tamattu adalah pertama-tama Anda berihram dengan niat Umroh di masa Syawwal, Dzul-Qa’dah, atau bisa juga 10 hari awal di bulan Dzulhijjah. Bulan-bulan tersebut adalah bulan yang disebut bulan haji dimana nanti Anda akan melakukan Thowaf Umroh ketika masuk Mekkah untuk Haji Tamattu.

Kemudian, Anda akan melakukan Sa’i Umroh dengan bertahallul, yakni memotong pendek rambut kepala Anda. baru kemudian, Anda bisa dikatakan dalam kondisi belum berihram hingga nanti sampai tanggal 8 Dzulhijjah atau yang disebut Hari Tarwiyah. Di hari itu, Anda harus berihram dari Mekkah untuk berhaji sampai dikatakan sudah sempurna semua proses ibadahnya.

Mereka yang melakukan Haji Tamattu rupanya wajib berqurban di hari-hari Tasyriq, yakni tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah, atau bisa berqurban juga di tanggal 10 Dzulhijjahnya. Bagi yang tidak bisa berqurban, Anda bisa berpuasa selama 10 hari seperti Haji Qiran, yakni 3 hari puasa di waktu berhaji dan 7 hari berpuasa di saat sudah sampai rumah.

Boleh dibilang, dari semua jamaah Haji, sebagian besar diantara mereka sering memilih menunaikan ibadah Haji jenis Tamattu. Pasalnya, ibadah haji jenis ini dinilai lebih mudah. Hal ini karena selepas Thawaf dan Sa’i, Anda bisa langsung bertahallul dan lepas dari masa Ihram.

Macam-Macam Ibadah Umroh


Selain mengenal macam-macam jenis ibadah Haji, tidak ada salahnya Anda juga mengenal macam-macam jenis ibadah Umroh. Secara umum, jika ibadah haji ada 3 jenis maka ibadah Umroh ada 2 jenis, yaitu :

1. Umroh Mufradah

Umroh Mufradah adalah ibadah umroh yang mana pelaksanaannya tidak berkaitan dengan rangkaian ibadah haji alias terpisah mandiri. Untuk jenis umroh yang pertama ini, waktu ibadahnya tidak ditentukan dan bisa dilakukan kapan saja di sepanjang tahun. Bahkan, umroh ini juga bisa dilakukan di bulan haji. Namun tetap, pelaksanaannya tidak akan dikaitkan dalam rangkaian ibadah haji.

Biasanya, mereka yang melaksanakan umroh ini adalah para jemaah yang memang hanya ingin berumroh saja. Jika haji bisa mendaftar di Kemenag dan Biro Travel Khusus, maka Umroh Mufradah biasanya hanya bisa mendaftarkan diri di biro travel umroh biasa. Itulah mengapa, kegiatan Umroh Mufradah seringkali disertai kegiatan ziarah dan wisata ke beberapa negara sekitar Mekkah.

2. Umroh Tamattu

Kedua, ada Umroh Tamattu yang mana pelaksanaan umroh ini erat kaitannya dengan rangkaian ibadah haji Tamattu. Jadi, dikatakan Anda melakukan umroh ini ketika Anda juga melakukan ibadah haji Tamattu. Keduanya menjadi satu kesatuan dan tidak bisa berdiri sendiri-sendiri meski pelaksanaannya lebih dulu Umroh Tamattu. Adapun waktu pelaksanaan dari ibadah umroh ini adalah ketika bulan haji atau pada bulan Syawwal, 10 hari pertama Dzulhijjah, atau bulan Dzul-Qa’dah.

Demikian ulasan mengenai jenis-jenis dari ibadah Haji dan Umroh yang perlu Anda ketahui.
Bagaimana? Anda sudah tahu perbedaannya? Semoga ulasannya bermanfaat dan menambah wawasan ilmu Anda.

Back To Top